Spot Mancing Batas Kota Malang (Arjowinangun - Tangkil)

Malang mempunyai potensi spot mancing. Kota Malang mempunyai beberapa sungai yang dapat menjadi pilihan sebagai untuk memancing ikan lele monster di Kali Bango. Kabupaten Malang tersebar sungai sampai kolam pemancingan yang dapat menjadi sarana pemuas tangan gatal ingin merasakan sensasi strike. Ada Spot di selatan Kota Malang yaitu Kemiri Kepanjen. Jika agak alas untuk keluar kota bisa memanfaatkan sarana pemancingan paling ramai di embong Kembar Gadang. 


Gerbang Malang Beautiful 
Ada spot potensial di batas kota yang menjadi penghubung Malang-Bululawang. Saat lepas dari cuti mancing pasca kelahiran Malinowski, saya sudah sempat survey di spot yang terletak dekat garupa batas kota ini. Tahun 2016 saya mencoba perdana spot ini, menggunakan umpan dan kail ala memancing di Kali Wonokromo Jagir. Karena tidak sesuai proporsi dan kondisi spot, hasilnya boncos. 

Wader Perdana 
Beruntung di Facebook saya bergabung dalam komunitas pemancing berlabel PMW (Pokoke Mancing Wader) Ngalam. Dari sini belajar banyak dari teknik sampai spot potensial. Ikan wader (Resbora Argyrotaenia) merupakan ikan imut dan gurih. Keberadaannya banyak disaluran irigasi di sekitaran sungai seantero Malang dengan catatan tidak pernah terjamah tukang strum -PLN Gadungan- dan tukang potas -apoteker palsu-. 

Irigasi 
Pasca lebaran 2017 saya aktif kembali memancing dan berupaya mencari spot-spot baru yang biasa dikunjungi oleh para angler kota/kabupaten Malang. Memanfaatkan grup di media sosial ternyata banyak potensi kali yang bisa menjadi tempat asyik untuk berburu dan meramu. Kalah istilah pemancing berburu wader dan meramu mendol. Mendol adalah umpan andalan angler Malang yang berbahan dasar tempe dan kunyit serta -ada yang menambahkan sedikit bawang putih- sebagai aroma. Tempe di Malang terkenal enak, jika hasil boncos kita bisa pulang menggoreng dan memakan umpan kita sendiri.  
Bersama Generasi Angler Tangkil Area 
Kawasan batas kota ini mempunyai tiga spot potensial di sebelah selatan Gapura Malang Beautiful. Ada di timur Jembatan dan membentang ke timur sampai melewati belakang Masjid melalui persawahan. Wader banyak dikail di sini. Pada sisi barat jembatan terdapat spot pertigaan arus, tepat di pintu air saluran irigasi yang mengaliri persawahan dan ladang tebu di sekitarnya. Spot ini sangat dangkal tapi potensi sensasi lebih terasa. Titik terakhir berada di barat pertigaan pintu saluran irigasi, terletak di bawah pohon beringin kecil. Kita duduk di pematang sawah menghadap ke arah utara yang di seberangnya terdapat ladang tebu. 
Ijo Royo Royo 
Berdasarkan pengamatan dan pengalaman memancing di sana, spot paling potensial berada di sebelah timur Jembatan dan di bawah pohon beringin. Para master wader beberapa kali omset banyak di sana. Terlebih pada musim hujan, musim kenthulan wader menebar di berbagai penjuru spot liaran. Bahkan pada musim itu, malam hari kita bisa temui pemancing memel yang rela dan suka ceria mancing malam hari yang gerimis dengan berkostum jas hujan atau berpayung. 
Cukup Gunakan Tegek Kelas Pendek 
Waktu yang sangat direkomendasikan untuk memancing wader di spot ini adalah saat musim penghujan dan memancing pada pagi dan sore hari. Serangan fajar lebih diutamakan karena kita bisa memancing sekaligus menikmati udara pagi ala pedesaan. Salah satu warga setempat yang pernah menjadi teman memancing di spot ini menuturkan bahwa sekarang ini ikan di  spot tangkil tidak sebanyak dibanding dulu. Sebelum ada oknum tukang strum, pemotas dan alih fungsi lahan pertanian menjadi pemukiman. 
Ikan yang terselamatkan 
Salah satu keunikan pemancing wader di Malang adalah jika tidak membawa tepis ikan selalu menggunakan media plastik bahkan botol air mineral besar sebagai penampungan sementara ikan yang terselamatkan dari tenggelam di sungai. Ada beberapa pemancing yang membawa wader yang 'tertangkap tangan' secara hidup-hidup menuju akuarium untuk dipelihara. Ada yang membawa ke penampungan yang dikelola oleh beberapa aktivis kali untuk pada hari lain di release di sungai lain yang potensi wadernya minim. Ada pula yang dilepas bebas di penggorengan sebagai lauk yang kriuk. 

Senja di Batas Kota 
Jika saya memancing wader dan mendapatkan hasil yang kurang dari ambang batas minimal omset langsung lepas di sungai lagi. Catch and release menjadi prinsip penting dalam menjaga keseimbangan ikan. Pemancing bukan nelayan yang mencari ikan sebanyak mungkin. Pemancing liar mencari sensasi tarikan ikan imut tapi bikin gregetan dan pada beberapa tangkapan pada hasil tertentu dibawa pulang untuk dibuat lauk kriuk penuh gizi bagi keluarga di rumah. 
Umpan Andalan wadermania 
Tips Asyik Memancing di Spot Batas Kota Arjowinangun - Tangkil: 
1. Siapkan umpan terbaik dengan 11,5 ramuan bumbu rahasia yang bisa membuat ikan terpesona dan mau 'diselamatkan' dari tenggelam di sungai. 
2. Siapkan mendol -racikan tempe dan kunyit- dengan pembuatan yang penuh cinta, optimis dan niat baik. Membuat mendol itu seni. Butuh instuisi khusus jadi tidak hanya sekadar main racik. 
3. Siapkan plastik kecil sebagai tempat mendol dan ketika menyiapkan umpan di kail kecil tinggal menekan bagian tengah nanti pada ujung plastik yang sudah dilubangi umpan siap pasang dengan cepat dan simetris. 
4. Selain mendol, biskuit Klik bisa menjadi umpan andalan yang dapat disajikan secara orisinal hanya menambahkan tiga tetes air yang dialirkan melalui jari telunjuk lalu diremas sampai jadi adonan. Bisa pula meracik biskuit klik dengan tempe atau pula perpaduan biskuit klik dengan kental manis - status susunya sudah dihapus, jadi cukup ditulis klik kental manis, supaya wadernya tidak kena PHP-. 
5. Memilih waktu pagi dan sore adalah momen terbaik. Jika anda ingin berjemur sampai berganti warna kulit sepanjang hari juga tidak apa-apa asalkan kuat menahan sinar matahari yang tanpa halangan kecuali di samping Masjid atau dibawah pohon beringin. Memancing pada sore dan cuaca cerah akan menghadirkan suasana senja yang keren karena bisa melihat pemandangan matahari tenggelam di antara pegunungan barat Malang. 
6. Mengingat spot tepi jalan perbatasan. Waspada saat parkir kendaraan. Lengah sedikit bisa jadi korban curanmor. Usahakan mendekatkan motor dengan tempat memancing. Waspada saat kita menyeberang. Jalur ini dilewati kendaraan yang rata-rata berkecepatan lumayan. Kalau main serobot bisa diserobot duluan oleh kendaraan bermotor yang melintas menuju/dari Bululawang-Malang dan sebaliknya. 

Selamat memancing di spot batas kota. Salam tultulslup.


Post a Comment

0 Comments