Casting vs Ngoncer Baramundi

Welcome musim kemarau, Welcome Baramundi Season 


Memasuki bulan April kata guru Geografi masuk dalam musim kemarau. A-O itu Kemarau (April-Oktober) dan O-A itu penghujan (Oktober - April). Lah kapan hari di akhir Mei dan awal Juni kok turun hujan. Pergerseran musim karena perubahan iklim menjadikan  turunnya hujan menjadi sulit ditebak. Itulah kenapa Pak Sapardi membuat puisi Hujan di bulan Juni. Tak ada yang paling indah dari mancing cukil bulan Juni. 
Tukang Casting Cukilatos Senja (dokpri)

Kondisi air yang mulai stabil dengan warna tidak lagi coklat membuat kakap putih bisa meluncur bebas sampai perkotaan. Khususnya di sungai Kota Surabaya. Ikan ini menjadi ikan buruan pemancing yang ingin merasakan sensasi memancing ikan predator. Selain gabus dengan teknik castingnya, baramundi a.k.a cukil a.k.a kakap putih juga dapat dipancing dengan menggunakan teknik casting. Ada pula yang menggunakan teknik alami yaitu ngoncer. Postingan kali ini membandingkan antara teknik casting versus teknik  ngoncer. Kembali pada selera masing-masing dari kita. 

Teknik casting menggunakan umpan tiruan (artificial bait/lure). Memancing dengan setengah olah raga. Lempar-mainkan-gulung-lempar (lagi)-mainkan (lagi) -gulung (lagi)...begitu seterusnya sampai secapek-capeknya. Jika dirasa sepi bisa pindah tempat dan melakukan aktivitas lempar gulung terus menerus. Sampai dapat sambaran. Jangankan sampai di sambar ikan palsu kita, dilewatin dengan terlihat kilau tubuh cukil atau kibaran ekor di sekitar kita saja sudah ruang gembira. Teknik casting membutuhkan biaya sekali saja untuk beli piranti dan umpan palsu (mulung juga bisa hasil nyajennya tukan casting lainnya). Murah sekaligus olahraga. 

Tukang Ngoncer

Teknik ngoncer seperti mancing pada umunya. Menggunakan kail dan umpan hidup. Bisa udang hidup, ikan sepat atau ikan betik ukuan kecil dengan kail no.5 keatas. Teknik ini sangat efektif pada saat air pasang atau peralihan ke surut. Pelampung dibutuhkan. Sekali lempar kita tinggal menunggu jalannya umpan dan pelampung. Terbukti pada pembukaan cukilatos pada kemarau 2020 pemancing pengguna umpan hidup mendominasi perolehan ikan kakap putih. Memang umpan alami tidak bisa dilawan. Demikian juga dengan ikan gabus, teknik semi casting menggunakan kodok asli atau cicak hidup lebih haup daripada karet. Ini saya amati di spot perbatasan kota dekat bandara. Minat mancing yang mana semua tergantung pada pilihan. Salam joran melungker []. 

Post a Comment

0 Comments