Ceremenje Bait

Wader Suka Menje 
14 Mei 2016 di spot mancing Jembatan Rolak Gunungsari saya berjumpa dengan pemancing senior spesialis ikan bader dengan teknik ithir-ithir dan umpan menje. Nauphoeta Cinerea adalah nama ilmiah dari Kecoa Lobster (Lobster Cockroach). Orang jawa meyebutnya "Menje", didaerah lain ada yang menyebut "Ceremenje" ada juga yang meyebut "Lipas". 


Salah satu tipe umpan hidup (livebait) berupa serangga yang dapat berlari cepat. Menje dikaitkan pada mata pancing dalam keadaan hidup. Ada sedikit drama saat kita menusukan ujung kail ke tubuh menje yang tercyduk dari toples. 
Saat tubuh menje masuk ke dalam air akan keluar cairan dari tubuhnya dan menebarkan aroma khas umpan hidup. Inilah yang disukai oleh ikan bader ataupun wader. Memancing target ikan bader dengan umpan menje dapat dilakukan sepanjang waktu, mengingat bader tergolong ikan yang rakus. Namun waktu yang direkomendasikan sore, pagi dan menjelang pagi. Musim hujan menjadi musim pesta sambaran bader. Walau untuk kondisi sungai di Surabaya saat penghujan cenderung berarus deras dan warna air kecoklatan. Jika sudah beruntung dan tidak ada bakat boncosan, musim apapun tetap dapat sambaran. 
Toples Penyimpanan Menje 
Mancing dengan umpan menje tidak perlu menyiapkan racikan. Cukup perlu perawatan dan tempat hidup yang nyaman berikut makanannya. Toples plastik bekas permen yang telah diberi ventilasi udara dapat menjadi habitat menje yang nyaman. Jika ingin lebih besar dapat menggunakan kaleng plastik bekas cat atau kaleng biskuit tentu saja dengan diberi lubang ventilasi. Makanan menje tidak susah. Cukup diberi sisa sayur yang akan dimasak dan tidak tanpa perlu minum. Kandang menje tidak perlu diberi air. Mereka bisa menggemburkan tanah sendiri. 

Penjual Menje di selatan pintu air Jagir 
Menje dapat dibeli dengan harga yang super ekonomis di pedagang umpan di sekitaran pintu air Jagir Wonokromo. Saya biasa membeli di penjual selatan pintu air yang sudah dikemasan dalam kemasan gelas plastik. Jika stok di toples telah menipis, tidak lupa membeli dengan membawa toples kesayangan. Bilang ke penjualnya beli menje 10 ribu dan nanti sudah ditakarkan. Membeli eceran terlalu sedikit dan meninggalkan sampah gelas plastik, dengan toples dapat membeli lebih banyak dan isi ulang. Lebih ramah lingkungan, sebagai bagian dari diet gelas plastik. Jika ingin membeli dalam jumlah banyak. Berdasarkan penuturan salah satu pemancing senior Surabaya. Menje dalam kemasan grosir bisa dibeli di toko pancing sebelah barat Solo Pancing Jagir dan datang setiap hari kamis. Kalau saya sendiri membeli menje 10 ribu sudah bisa dipakai berkali-kali mancing, bahkan dalam toples mereka berlipatganda. Salam Tultupslup. 

Post a Comment

0 Comments