8 Kiat Jitu Memancing Ikan Baung

Ikan baung atau disebut rengkik adalah salah satu ikan target pemancing karena dikenal mempunyai tarikan yang khas.
baung khilaf
 Ikan tanpa sisik berbadan gemol ini sering mempunyai sensasi strike yang bisa membuat badan panas dingin untuk yang biasa memancing ikan ukuran kecil.


Baung Rolak Gunungsari Surabaya 
Ikan ini lebih agresif saat malam hari, meskipun tidak sedikit pemancing strike pada siang atau sore hari. Berikut tips dan trik memancing Baung/Rengkik:
1. Perhatikan musim dan warna air. Musim penghujan merupakan musim terbaik memancing ikan baung. Warna air kecoklatan menandakan musim memancing baung telah tiba.
2. Umpan adalah koentji. Walaupun satu sasaran, namun keragaman umpan menjadi ciri khas pemancing di tanah air. Ada yang menggunakan kucur, cacing, telur ikan sakarmut dan usus. Usus ayam yang menjadi umpan kesayangan pemancing Surabaya.
3. Pastikan peralatan mancing fit. Untuk mengatasi daya hajar ikan baung, joran berukuran panjang dan lentur berbahan karbon saya rekomendasikan. Untuk reel bisa menggunakan kelas 1000 ke atas, kecuali memancing menggunakan teknik UL.
4. Untuk pemancing yang berada di atas jembatan, persiapkan jangkar atau gancu bertali untuk mencegah senar putus atau ikan moncel saat dinaikan.
5. Untuk pemancing di pinggiran, ada baiknya tidak sendiri saat memancing. Ketika mendapat baung babon disarankan anda mendekati ikan saat sudah dipinggirkan, sementara kawan anda bertugas mengontrol alat pancing.
6. Dekati arus. Ikan baung menyukai air yang berarus kuat. Tapi selalu waspada dan jaga keselamatan jangan sampai anda yang menjadi korban terbawa arus.
7. Perlunya eksperimen umpan yang tidak biasa. Ikan baung termasuk ikan pemakan segala. Namun disarankan menggunakan media umpan yang berbau, baceman usus, kucur bahkan sayur kangkung yang telah layu ikan baung vegan juga doyan.
Baung Umpan Kangkung

 8. Memancing malam membutuhkan kondisi badan yang fit agar tidak mudah ambruk, Jangan lupa bawa pakaian hangat. Perangkat paling fleksibel untuk mancing malam adalah kain sarung.
Selamat memancing baung. Salam joran melengkung.

Simak Juga 


Post a Comment

0 Comments