Spot Mancing Kalilondo Surabaya

Spot mancing yang tidak jauh dari muara Surabaya. Terletak di daerah Wonorejo, sungai ini adalah menuju akhir kali Jagir. Ujung perjalanan percabangan kalimas yang disebut sebagai kalilondo (sungai Belanda). Dalam grup mancing yang saya ikuti di Facebook, kerap ada pemancing yang memajang hasil tangkapan ikan khas muara seperti udang robot, sembilang dan cukil. Semua berasal dari daerah Wonorejo atau yang lebih dikenal dengan kalilondo. 
Lintasan Buaya 

Akses menuju spot ini cukuplah mudah. Dari jalan raya Panjang Jiwo lurus ke timur melewati perempatan Jalan MERR padat sampai ujung jalan dan persimpangan dekat gardu PLN. Pilih belok kiri ada tanggul beton sebagai pembatas dengan sungai sekaligus pencegah air masuk ke jalanan ketika banjir atau pasang tinggi. Spot ini direkomendasikan untuk memancing pada pagi sampai sore hari. Pertimbangannya adalah tempat parkir motor dan faktor keamanan. Buaya muara kerap bermain sampai spot ini. 

Depan Perumahan 
Karena penasaran dengan pergerakan ikan cukil di spot ini. Pada suatu Sabtu siang yang cihuy, saya berangkat membawa seperangkat alat perang berupa pancing BC. Targetnya casting ikan baramundi. Medan yang dilalui harus naik turun tembok beton. Spot cukup sempit sehingga kurang leluasa untuk memainkan joran Kyoto BC. Sekitar tempat saya casting nampak pemancing lain yang sedang memburu udang robot ada pula yang ngoncer umpan hidup. Sisi sebelah ujung utara, tidak jauh dari perumahan.Kita bisa mendapatkan buah kelapa sawit gratis yang konon bisa untuk umpan memancing yang ampuh. Tentu saja setelah mengikuti arahan dari pemancing yang piawai mengolah sawit menjadi umpan memancing. Salam Joran Melungker. 

Post a Comment

0 Comments