Kiat Mancing Wader Umpan Cacing Sawah Merah

Cacing adalah umpan mancing sejuta umat. Ada berbagai jenis cacing untuk memancing. Cacing standar yang bisa kita cari pada gundukan sampah atau tanah humus di sekitar kebun. Ada cacing untel yang kulitnya tebal dan bertubuh pendek di sekitar akar pohon sungai sampai cacing merah. 
Tul tul slup

Cacing merah itu cacing yang kekiri-kirian, gerakannya agresif dan ada dua jenis umum. Cacing merah yang besar dan kecil. Cacing merah besar dapat kita beli di toko umpan terkemuka dan terdekat di sekitar tempat tinggal anda. Ada cacing merah kecil yang dapat dicari sendiri di tanah-tanah sekitar persawahan. 

Sisa Laron 
Sejak berpindah dari Polehan dan mendapat tempat baru dekat pedesaan, ada spot mancing favorit spesialis memancing wader: spot arjowinangun. Memancing wader pari mengajarkan ketelitian lebih karena untuk senar dan kail yang digunakan dalam ukuran yang sangat kecil. Butuh kecermatan sampai mata lelah untuk tali menali. Kail ukuran 0.1-0.8 direkomendasikan untuk memancing uceng dan wader. 

Spot Kesayangan 
Ketika umpan laron atau biskuit klik mulai habis, cara bertahan di spot mancing adalah memanfaatkan alam. Jangan heran jika anda jalan-jalan di sekitar persawahan melihat orang yang lagi mengais tanah sekitar sawah. Mereka adalah pemancing belut dan pencari cacing sawah merah. Dikenal dengan sebutan cacing lur/lor sawah, bentuknya kecil dan membutuhkan kesabaran khusus untuk memasang di kail yang kecil. 

Perusak Suasana Yuyu Kangkang
Cacing Merah (Lumbricus Rubellus) saat ini tidak hanya digunakan untuk memancing. Cacing ini digunakan untuk pupuk dan obat. Saya masih ingat pernah diberi pil cacing sakti (tilung) saat menderita sakit typus. Efek penyembuhannya berbeda dengan obat, lebih halus dan cepat pulih. Itulah perlunya kita menyadari dan senantiasa bersyukur bahwa tidak ada hal apapun ciptaan Tuhan yang sia-sia. Semua mempunyai fungsi dan nilai guna untuk kehidupan. 


Kecil tarikan dasyat
Jika anda beniat untuk memancing wader menggunakan umpan cacing merah sawah, ada beberapa tips asyik yang saya bagikan: 
  • Pastikan spot memancing sedang layak digunakan memandikan cacing merah. Kondisi air, cuaca dan tidak sedang surut. 
  • Siapkan kail ukuran kecil dan senar mono mirko. Wader sulit untuk dipancing menggunakan piranti besar. Batas kail terbesar adalah 0.8 jika lebih dari itu resiko moncel lebih sering. Senar mono ukuran kecil juga penting agar cepat tenggelam dan tidak terdeteksi oleh wader. 
  • Gunakan kail silver. Kilap logam pada kail dianggap salah satu daya tarik wader untuk memangsa umpan anda. 
  • Siapkan piranti dari rumah dan buat cadangan, khususnya untuk kail dan senar. Memasang di spot resiko kail jatuh dan hilang. Kecuali kita berteman dengan magneto yang bisa menarik kail logam kecil ukuran nol sekian. 
  • Untuk berhemat dan agar cepat disambar wader, kaitkan potongan kecil cacing merah pada ujung kail. Ini berbeda dengan memancing nila yang menggunakan satu ekor cacing utuh. Wader perlu gerak cepat, hemat dan sigap. 
  • Jaga selalu kebersihan. Kebersihan spot setelah memancing dengan tidak meninggalkan sampah di spot mancing. Kebersihan diri dengan tidak makan minum selama proses pemasangan umpan cacing kecuali jika anda ingin mencicipi ekstrak cacing untuk penyembuhan sakit typus. 
Selamat memancing wader menggunakan umpan cacing merah sawah. Salam joran melungker. 


Post a Comment

0 Comments