Inilah Fakta Unik Spot Jagir Surabaya

Salah satu spot liar andalah pemancing liar kota Surabaya adalah kali Jagir. Ada pula yang bilang sebagai Kali Wonokromo. Ada bangunan ikonik di spot ini yaitu pintu air Jagir bangunan Belanda yang legendaris. Sudah tak terhitung berapa kali saya mancing di spot gratisan yang kawasannya mulai tertata. Dulu berisi bangunan liar dan di sebelah utara menjadi salah satu kawasan 'nakal'. Tahukah anda ada beberapa hal menarik di spot kali Jagir, berikut ulasannya:

                        Jagir Sore Hari Kala Surut. 

  • Spot kaya ikan campuran dari muara dan sungai air tawar yang datang dari barat. Salah satu ikan favorit adalah ikan rengkik/baung. Mancing ikan ini tarikannya asyik walau umpannya tidak terlalu asyik. Banyak pemancing dengan berbekal usus ayam dalam botol berburu sensasi mancing rengkik kali Jagir. 
  • Ada tanda alam yang dipahami masyarakat sekitar bantaran sungai jika akan/sedang ada korban tenggelam yang melintas. Hanya pemancing senior dan masyarakat sekitar yang bisa merasakan bau dan warna air yang tidak biasa tanda akan ada korban yang melintas. 
  • Setiap tahun tepatnya pada Hari Habitat diadakan kenduren kali Jagir sebagai upacara larung sungai dan sedekah bumi dengan melarung tumpeng. Tidak lupa menebar benih ikan demi kelestarian alam. 
  • Semua teknik memancing dan segala umpan ada di sini. Dekat pintu air, kita dapat melihat penjaring dengan atau tanpa pancing. Ada yang memancing menggunakan teknik dasaran, tegeg, ngoncer untuk mencari cukil, casting cukil sampai fly fishing dengan peralatan modifikasi sendiri. 
  • Ada pemancing yang berburu umpan di sekitar spot menjelang memancing sambil menunggu air pasang. Biasanya yang dicari adalah siput atau udang kecil di sekitar beton bantaran sungai. 


Yellow Submarine
  • Pada saat air mulai deras, banyak pemancing teknik dasaran lempar tengah yang mendadak menjadi petugas pembersih sungai. Semua sampah baik yang terlihat maupun melayang di arus tertangkap pemancing dari plastik, popok bayi, sampai kayu. Sungguh memprihatikan kesadaran masyarakat dalam urusan persampahan. Bahkan pada satu titik di timur pintu air saat air surut kita bisa melihat gombal island: pulau reklamasi dari sampah kain, kayu dan batu. 


Itulah beberapa fakta unik di spot kali Jagir. Jika anda mempunyai fakta menarik lainnya dapat ditambahkan pada kolom komentar. Salam joran melungker. 

Bonus pict: 
Sobat mancing yang jarang boncos



Post a Comment

0 Comments