Gombal Island Jagir Surabaya

Salah satu spot favorit pemancing liar dalam kota Surabaya adalah Kali Jagir. Sungai yang terletak di daerah Wonokromo ini menyimpan potensi ikan perpaduan tawar dan asin. Dibatasi oleh pintu air Jagir yang bersejarah. Spot ini dipengaruhi oleh pasang surut air laut. Buat yang suka casting atau memancing dengan menggunakan umpan hidup dengan target cukil atau baramundi dapat memancing di sebelah timur pintu air. 
Casting Barramundi 

Gombal Island atau pulau gombal adalah julukan spot favorit casting saya. Terletak di seberang pasar mangga dua, seberang sumur tua dan tidak jauh dari saluran air keluaran dari Jasa Tirta. Spot ini potensial untuk memancing lele, bader dan tentu saja cukil. Pertemuan arus menjadi tempat kesayangan bagi ikan-ikan kecil, termasuk cukil yang berburu ikan kecil. Ketika surut terlihat seperti daratan kecil yang berisi tumpukan batu, kayu dan sisa kain. Itulah awal saya menamai spot ini dengan sebutan gombal island. 

Indikator Pasang Surut 
Jika casting dengan menggunakan minnow berbagai varian di spot ini harus memperhatikan arus dan ketinggian pasang surut air. Sekali tersangkut lebih potensi untuk nyajen umpan lebih besar. Spot ini terdiri dari tumpukan sampah kain, pancing, jaring sampai batuan sisa bangunan yang sebelumnya telah dirobohkan oleh Satpol PP. Kalau nyangkut kayu atau kain masih bisa teratasi. Kalau nyangkut bekas bangunan perlu setengah bugil untuk menjemput minnow (satu minnow paling murah 12 ribu, jika yang bermerk sampai rela nyemplung daripada nyajen buang duit). 

Banyak Belut 
Pengalaman terkeren saat berdiri di atas gombal island ini adalah menemukan berbagai piranti pancing seperti kail, timbel sampai pelampung yang tersangkut dari pelampung sebelumnya. Bahkan jika sedikit jeli, bisa menemukan minnow bekas tukang casting sebelumnya yang tersangkut. Saya pernah menginjak yang awalnya saya kira pipa ternyata babon belut. Antara ngeri-ngeri sedap. Jika memancing di spot ini perhatikan perubahan pasang surut air. Saat air mulai pasang dan hari mulai gelap, ada baiknya segera berpindah dari spot ini. Pemancing liar sejati tidak hanya mencari sensasi belaka, namun selalu safety. Salam Joran Melungker. 




Post a Comment

0 Comments