Cara Sambung Ujung Joran Patah

Salah satu piranti memancing yang rawan rusak adalah joran. Ujung joran menjadi bagian yang mudah rusak. Ada yang retak sampai patah karena faktor kecerobohan maupun kurang tahu kondisi sekita. Ketika ujung joran rusat terutama jenis rod model teleskopik, daya lenting tentu menjadi berkurang. Demi praktis dan mudah dibawa kemana-mana saya termasuk penggemar rod pancing model teleskopik. Sejak 2015 pindah di Surabaya sudah habis sekitar 4 rod antena dengan berbagai merk. Yang terakhir terpakai dan bertahan sampai sekarang adalah rod merk tornado. 
Ujung Joran 
Pernah karena fokus perhatian pada hal lain, ujung joran saya terinjak sepeda motor yang sedang lewat. Kejadiannya begitu cepat dan retak begitu saja. Dari retakan nanti jadi patahan. Mau servis, untuk kelas harga menengah kebawah masih dalam kategori nanggung. Ketika ujung joran patah, asal tidak sampai guide ring yang rusak ada langkah antisipasi cara jitu. 

Patah Ringan 
Bahan yang perlu disiapkan diantaranya: lem G, Isi bolpoin yang tidak terpakai, benang, solasi dan semangat yakin pasti bersambung. Langkah pertama adalah membersihkan sekaligus survey detail bagian yang patah. Setelah itu siapkan isi bolpoin atau plastik stik tipis. Jika masih memungkinkan untuk disambung, segera oles lem ajaib. tunggu beberapa saat. Siapkan isi bolpoin sebagai penyangga. Lilit dengan benang sampai keduanya tersangga dengan baik. Ibarat orang habis patah kaki yang harus diberi kain papan agar tulang selalu pada jalurnya. 
Sambung Bolpoint 
Akhirnya joran tersambung dengan baik dan siap digunakan. Supaya tidak rusak kembali, hilangkan sifat ceroboh. Ketika memancing, hindari gerakan dan hentakan yang terlalu ekstrim agar jorang tidak patah kembali. Salam Joran Melungker.

Post a Comment

0 Comments