Spot Mancing Pintu Air Gununganyar Surabaya

Salah satu spot mancing luar di Surabaya berada di pompa air gunung air. Spot ini terletak tidak jauh dari pesisir timur Surabaya. Dapat ditempuh dengan menggunakan semua kendaraan dengan akses dari kampus UPN lurus ke arah timur. 
Sarang Ikan Gabus 
Pertama kali memancing di spot ini berdasarkan survey iseng keliling kota sambil membawa pancing. Melihat banyaknya orang yang memancing di sana dapat disimpulkan ini adalah spot yang potensial. Bahkan kata orang asli sana, dulu spot ini banyak dijumpai lele maupun ikan gabus ukuran jumbo. 
Keting Kecekrik
Ikan keting mendominasi spot ini, dengan umpan cacing atau jangkrik menjadi umpan dominan. Ada sensasi tersendiri saat memancing ikan keting. Tarikannya begitu menggemaskan, walau tidak segila sensasi tarikan ikan wader yang tul tul slup. Ikan keting biasanya makan umpan secara menggerombol jadi pada moment yang tepat, kadang ikan tersangkut kail tidak pada bagian mulut. 
Melimpah setelah busa tiada 
Spot ini untuk yang pertama kali mancing cukup menjengkelkan dengan arus dan busa yang deras. Ada pompa air yang secara berkala memompa dan mengeluarkan air dari beberapa pipa berukuran raksasa. Ketika ada suara gemuruh mesin tanda air akan datang dan diikuti oleh busa yang melimpah. Saya pernah kehilangan sandal di spot ini, saat pindah menyeberang melalui pipa, satu sandal jatuh tepat di aliran yang deras. Akhirnya pulang dengan mengenakan satu sandal.

Keting Babon 
Saat air datang kita bisa menunggu beberapa menit, masa peralihan pompa menjadi momen yang paling tepat untuk memancing. Apalagi saat air pasang. Ikan akan berdatangan berenang menuju barat. Tidak hanya keting, ada mujair, belanak dan kala sore muncul penampakan lele jumbo di sisi sebelah kiri. Ikan gabus juga ada, namun pemancing kadang kala cepat dengan para 'sniper' penembak ikan dengan menggunakan senapan angin yang dimodifikasi sebagai alat pencari ikan. 

Alternatif Liaran Surabaya 
Jika tidak ingin menunggu masa peralihan air datang yang keluar dari pompa. Kita bisa memanfaatkan spot di arena yang tidak terkena aliran air secara langsung. Dekat tembok bangunan atau tiang. Spot inilah yang membuat saya berniat untuk membeli piranti BC karena selalu bertemu dengan penampakan ikan gabus dan lele jumbo. Spot ini banyak warung di sekitarnya tidak perlu kuatir kelaparan. Pada observasi terbaru di sebelah pompa air, sudah ada penjual peralatan pancing dan pakan burung yang juga menjual cacing untuk umpan. Selamat datang di spot kutub utara, ada busa besar tanpa penguin dan beruang kutub. 
Bukan Kutub Utara 

Post a Comment

0 Comments