Lem Sakti Sahabat Pemancing

"Castol..engkau perekat...castol kau memang bermanfaat.
Castol sahabat tambal ban, ban dalam maupun ban luar.." 


Petikan lagu di atas berasal dari band lokal asli Kota Malang bernama Tani Maju dengan judul Castol. Bagaimana perekat ini bisa sangat bermanfaat untuk masyarakat. Tentu saja karena serba guna jadi bisa untuk merekatkan apapun. Sampai jadi sahabat tambal ban dan bengkel juga. Lalu apa barang penting dari seorang pemancing?

Penyelamat Reel BC  Maruti


Gunting, Tang dan Lem adalah tiga barang yang wajib seorang pemancing punya. Tiga benda serba guna yang keberadaan dan manfaatnya sangat dibutuhkan dan terasa tak tergantikan. Gunting untuk memotong senar atau benang PE, alternatifnya bisa menggunakan potong kuku atau silet. Tapi tidak seindah pemakaian gunting apalagi gunting besar bisa untuk mengolah ikan. Kita kadang ketika dapat ikan malas untuk memasaknya dengan alasan ribet takut amis. Cobalah menggunakan gunting besar menjelang pulang sekalian kupas sisik dan keluarkan isi perut menggunakan gunting. Dijamin pulang tinggal masuk freezer atau langsung goreng. 

Tang adalah piranti yang dibutuhkan untuk mengatur kelengkungan mata kail. Jangan coba pakai tangan kosong atau kuku. Salah sedikit bisa fatal. Tang yang dibawa jenis tang cucut atau tang kecil. Memancing bawa tang besar nanti dicurigai maling yang akan membongkar gembor pagar orang. Cukup tang kecil, asal lancip. Fungsi lainnya bisa membantu melepas mata kail yang tertancap ke dalam mulut ikan paling dalam. Untuk operasi kecil pelepasan kail bisa menggunakan tang. 

Inilah inti postingan kali ini, lem sakti sahabat sejati. Lem G yang daya rekatnya super keren tapi bukan untuk sesuatu berbahan plastik. Kimia keras bisa meleleh. Daya rekatnya luar biasa, sampai bisa menyatukan dua ujung jari ketika memakai kurang hati-hati. Oleh karena itu, jauhkan lem ini dari jangkauan anak kecil. Pengalaman menggunakan lem ini saat ingin membetulkan ring joran teleskopik ijo saya. Karena kurang cermat akhirnya ada satu tetes kecil meleleh dan melewati bagian sambungan teleskopik. Mengering dan sampai hari ini tersambung tidak bisa tersentuh. Itulah kenapa selama menggunakan lem gila ini perhitungkan area yang akan kita oles dengan seksama. Gunakan cotton bud dan oleskan pelan-pelan, kalau perlu tahan napas. 

Barusan handling reel BC saya tiba-tiba lepas saat akan memancing ikan Hampala dan Cukil di barat Gombal Island. Tidak disangka lepasnya reel yang sudah berumur tahunan ini karena faktor pemakaian yang mulai aus. Teringat ada satu lem tersimpan di lemari es, saya langsung ambil oles dan tertempel lagi. Meskipun pada pemakaian berikutnya bagian yang terkena lem lepas kembali. Lain kali perlu selalu dibawah dalam tas kecil ketika memancing. Itulah sedikit pembahasan tentang lem super gila sahabat pemancing. []

Post a Comment

0 Comments