Casting Gabus Jumat Sehat

Saat perkantoran melakukan kegiatan Jumat Bersih. Saya punya acara sendiri. Jogging Friday Morning. Menjadi bagian dari kegiatan di hari Jumat. Hari kerja menjadi prioritas utama saya casting pagi. Spot lebih sepi dibanding dengan hari sabtu dan minggu. Kalau weekend spot mancing walau liar tapi serasa kolam harian. Kecuali anda casting pada siang bolong sebagai pasukan karak. 

Jumat Berkat


2 Oktober 2020 seperti biasanya. Bangun lebih awal sebelum weker berbunyi. Meluncur ke spot pada pukul 05:30 WIB. Agak kesiangan yang penting tidak melebihi jam 6 pagi. Menuju spot gubuk waru sisi utara setelah sebelumnya memarkir motor di bawah pohon trembesi. Menyisir spot pisang-pisang mencoba peruntungan dengan menggunakan Soft Frog. Entah kenapa selama menekuni casting tidak pernah mendapat satu pun gabus dengan menggunakan kodok miniatur karet ini. Kalau moncel sudah menjadi makanan sehari-hari dengan menggunakan SF.  Tapi kalau umpan propeler, spon dan mini JF kodok kayu jadi umpan mainan jagoan. 

Misi Penyelamatan


Menggunakan umpan branglor warna kuning sebagai kodok racing gacoan. Langsung menuju tambak sebelah barat. Entah kenapa ada spot potensial di tambak depan yang banyak tanaman tapi sulit untuk mendapat ikan gabusnya. Berjalan menuju selatan ada alang-alang yang telah dibakar. Sebuah tambak bening dengan banyak tanaman air terlihat menggoda. Tapi sampai tangan linu tidak ada sambaran sama sekali. Lanjut belok kiri menuju selatan tambak waru yang sekarang ada rumah pohonnya. Menghadap ke arah timur. Silau namun berupaya selalu fokus uncal. 
Lempar tarik berulang-ulang sambil menahan silau. Ada pergerakan dari dalam air di bagian tengah. Jika kita casting menemukan pergerakan ikan yang terduga sebagai ikan gabus. Jangan beranjak dulu. Tetap tekuni satu titik itu. Para master castinger bahkan berjam-jam uncal pada satu titik tanpa beranjak. Mungkin terlalu gemas dengan ikannya. Apalagi jika kita melihat penampakan ikan gabus di sekitar spot. Gregetnya luar biasa. 

Kodok Racing Telak

Ketekunan berbuah strike. Tiba-tiba ada pergerakan tarikan dari bawah air. Kodok racing bergejolak dan air bergolak. Seekor bagus ukuran sedang haup kodok branglor kuning mini. Setelah memastikan telak atau hook sempurnya. Pelan-pelan saya mainkan ikan sampai menuju ke tepian. Joran ukuran medium mendapat ikan ukuran sedang sampai ukuran besar dapat menarik dengan santai. Ikan terus menggeliat hingga pada titik akhir pematang. Pelan-pelan saya angkat dan amankan di darat. 

Nampak di arah timur, pada tambak seberang ada motor melaju dan berhenti. Rupanya Cak Wid dan Andre T bersiap uncal. Menjadi pasukan karak. Pemancing casting spesialis spot air dalam dan siang bolong. Saat castinger pagi beranjak pulang. Para pasukan karak berangkat uncal. Butuh kekuatan fisik dan kelebihan cairan untuk menekuni mancing siang ini. Angler yang berusaha menikmati sensasi tarikan gabus saat hot potatoes (panas kentang-kentang). Salam joran melungker. 

Bonus Pict: 
Angler Lintas Kota: Andree T. (Pasukan Karak mode on)









Post a Comment

0 Comments