8 Tips Hore Perawatan Alat Pancing

Pemancing yang keren tidak hanya pandai memancing, tapi cakap merawat perangkat pancingnya. Ibarat tentara dan senjatanya, teman sejati hidup dan mati. Setiap saat diperhatikan agar selalu optimal. Secara rutin dirawat secara berkala. Demikian juga dengan alat pancing kita. Apalagi bagi pemancing yang hobi memancing di laut atau pemancing wani perih yang tetap mancing saat hujan deras. Peralatan rawan korosi. Sungguh sangat disayangkan alat mancing rusak gara-gara salah perawatan. 
Jagalah Kebersihan 
Salah satu indikasi alat mancing terutama reel mulai kurang normal adalah macet dan agak aneh saat digunakan. Ada sesuatu yang tidak biasa. Ini tanda alat anda salah atau kurang perawatan. Untuk itu ada beberapa tips asyik yang dapat diterapkan dalam perawatan alat pancing kita.

  1. Saat berada pada akhir memancing, ketika akan balik kanan (pulang) pastikan semua tidak ada yang tertinggal. 
  2. Pastikan semua terpasang dengan benar dan kencang terutama pada reel. Pengalaman pernah saya sekali kehilangan satu baut karena sudah mengganggu saat acara mancing selanjutnya. 
  3. Setiba mancing dari laut atau mancing saat hujan pastikan peralatan pancing yang mengandung logam dibilas sebelum disimpan. Bilas dengan air hangat lebih rekomendasi. 
  4. Selepas dibilas jangan lupa gunakan air sabun untuk menetralisir garam dan air hujan juga bisa menghilangkan kotoran. Jangan gunakan air kuah bakso atau mie ayam. 
  5. Sebelum masuk tas dan dibalut platik, yakinlah semua alat yang sudah dibilas sudah benar-benar kering. Takutnya timbul jamur yang mengganggu, joran bisa kena kutu air, reel bisa kena panu kadas kurap. 
  6. Jemur alat pancing yng telah dibilas, untuk mengetahui apakah ada kadar garam di peralatan reel. Jika masih ada bercak putih cuci dan bilas lagi. Lalu jemur kembali. Jangan kelamaan menjemur, ini alat pancing bukan kerupuk. 
  7. Semprot peralatan pancing kita dengan cairan khusus (cairan kimia WD 40) jangan keliru parfum atau pilox. 
  8. Jika kurang mahir untuk bongkar pasang dengan tujuan perawatan organ dalam reel, serahkan pada ahlinya. Ada beberapa jasa perawatan alat pancing di toko-toko pancing terkemuka di kota anda. Pengalaman sok tahu saya pernah membongkar reel maksud hati ingin perawatan organ dalam apalah daya tidak bisa memasang kembali. Ujung-ujungnya lari ke servis. Malunya tuh di sini. 

Bonus Pict: 

Asisten 

Post a Comment

0 Comments