Tips Hemat Belanja Perlengkapan Memancing

Jer Basuki Mawa Beo...semua membutuhkan biaya. Apapun tidak ada yang gratis di dunia ini kecuali tiga hal: Kasih Ibu, Oksigen dan Gragal (puing tembok sisa bangunan). Mancing liar yang gratis tanpa tiket masuk, tanpa saweran tetap membutuhkan biaya. Biaya operasional untuk membeli alat dan piranti detail untuk kebutuhan memancing lainnya. Kadang kita sering kalap ketika masuk toko pancing. Maksud hati beli pelampung sebiji, ternyata turut serta ke kasir, timah, senar, kail, minnow bahkan kursi memancing. Itulah perlunya bijak saat belanja peralatan pancing. 
Aneka Pilihan 

Berikut tips hemat belanja perlengkapan memancing ala papu Roikan:

  • Buat catatan kecil barang apa saja yang akan kita beli, pastikan tidak ada yang tertinggal. 
  • Sesuaikan kebutuhan dan mana yang masuk dalam prioritas. Untuk itu perlu melakukan invetarisasi pengadaan kebutuhan rutin memancing. 
  • Jangan terlalu termakan gengsi. Memancing itu hiburan tidak untuk gengsi merk. Lebih baik alat kelas menengah kebawah bahkan kasta terbawah sekalipun yang penting tidak boncosan. 

Ombyok Division 

  • Ketika masih ada alat yang masih digunakan jangan pernah berpikir untuk mengganti dengan alat yang baru, hal itu tidak akan ada habisnya. 
  • Jika ingin upgrade alat, jual terlebih dahulu alat lama. Maka isi tas pancing dan keuangan akan senantiasa presisi. 


Cacing 5 k 

  • Manfaatkan promo dan beberapa toko yang menerapkan diskon tertentu untuk anggota. Keuntungannya lebih ramah di kantong dan kita akan menjadi pembeli yang loyal. Siapa tahu suatu saat dapat doorprize, minimal kalender di awal tahun. 
  • Untuk perlengkapan yang digunakan pada saat memancing pastikan ada cadangan dan khusus umpan hidup beli secukupnya sesuai alokasi waktu memancing kita. Hal ini tidak berlaku untuk memancing ikan rengkik. Usus ayam beli di pasar 5 ribu rupiah bisa untuk berbulan-bulan selama tersimpan aman dalam kulkas. 
  • Aktif di grup memancing dan selalu pantau anggota yang jual alat pancingnya. Jika berminat, tawar dan usahakan bisa COD agar bisa cek ricek barang secara detail. Syukur-syukur jika dapat seperangkat alat pancing lengkap komplit dengan harga miring pada pemancing yang akan 'pensiun' atau depresi karena boncos menahun. 
  • Buat kotak khusus untuk menampung semua peralatan non reel dan joran. Sekali-kali menghitung stok dan catat mana yang perlu dibeli. Itulah cara hemat yang saya terapkan. Ketika gajian telah tiba ada anggaran khusus untuk memancing tapi tidak kalap menuruti keinginan dan gengsi yang tidak akan ada pernah habisnya. Selamat belanja. 





Post a Comment

0 Comments