Spot Mancing Tanjung Tembikar Pasuruan 2019

Salah satu spot mancing favorit saya adalah muara. Muara ada muara liar dan ada muara yang menjadi pusat aktivitas masyarakat nelayan yaitu pelabuhan. Mengapa di muara? kawasan ini adalah tempat berkumpulnya ikan dari dua dunia, dunia air tawar dengan dunia air asin. Kita bisa berburu ikan manggar sampai blanak. Pada malam hari ikan sembilang menjadi buruan yang asyik bagi para tukang pancing. 
Muara Pelabuhan 

Jika berkunjung ke kota Pasuruan tidak lengkap tanpa mencoba merasakan memancing di kawasan Pelabuhan Tanjung Tembikar. Saya sudah menekuni spot ini sejak tahun 2016, dari mencari ikan keting sampai mencoba memancing blanak. Tahun 2019 saya ada kesempatan berkunjung ke kawasan yang padat oleh perkampungan nelayan, aktivitas pergudangan dan pelayaran tersebut. Sisi sebelah barat yang menjorok ke laut menjadi spot favorit saya. Kini spot ini telah berubah. Ada pembangunan semacam proyek pengadaan kawasan pasar ikan yang menyebabkan kawasan ini dinyatakan bersih dari para pemancing. Kecuali yang memel seperti saya. Mengingat proyek belum selesai yang terbentang tempat luas berbeton, dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk menjemur jaring. Saya juga memanfaatkan waktu yang sempit untuk memancing ikan blanak. 

Umpan Roti Sisir 

Bagaimana cara memancing blanak? ada cara mbotol dan mancing. Cara mbotol dengan menjebak blanak menggunakan botol plastik yang telah diberi tepung. Cara mancing kalau saya menggunakan umpan roti sisir. Cara ini lebih efektif bagi yang terlatih sering menggunakan joran tegek atau pemancing beraliran micro fishing. Ikan belanak datang bergerombol sehingga jangan heran jika sekali strike, berikutnya akan datang strike bertubi-tubi. Tentu saja itu tergantung pasang surut air. 

Runtuhan Perahu 

Siang itu saya kurang beruntung. Air semakin lama semakin menurun. Pasang baru terjadi menjelang malam. Jauh-jauh datang dari Surabaya hanya bisa menikmati semilir angin pesisir dan tatapan warga yang mungkin mengira saya sebagai seorang wartawan atau tukang foto. Jika anda datang ke Pasuruan dan ingin merasakan memancing murah meriah di muara tidak ada salahnya mencoba spot pelabuhan Pasuruan. Asal tahu jadwal pasang surut dan yang terpenting memancing di sisi timur. 

Warrkop dekat gerbang pelabuhan 




Post a Comment

0 Comments