9 Omset Mancing Non Ikan

Memancing belum tentu dapat ikan. Kadang alam menyediakan kejutan pada para pemancing liaran. Apalagi pada arus deras. Banyak material yang turut serta terbawa arus. Saya pernah mancing mendapat satu sangkar burung bahkan dengan joran imut tapi kuat tornado pernah mendapat satu jendela. Kebetulan saat itu menggunakan senar laut yang kuatnya tak terbantahkan. Berikut beberapa hasil mancing dengan omset non ikan  yang pernah saya dapatkan.

1. Handphone Rusak 
Handphone di Rolak 
Suatu malam bersama Alharhum Gani di spot demit keres Rolak Gunungsari saya mendapat kejutan dari ujung joran yang bergetar. Tapi ini bukan ikan. Terbawa arus dan tertancap di kail sebuah handphone. Jenis layar sentuh yang tinggal layar dan tanpa baterai dan chasing belakang. Bisa dibayangkan sampah seperti ini jika memenuhi kali. Akan jadi residu elektronik dalam sungai. 

2. BH
BH Jagir 
Sudah tak terhitung berapa kali saya mendapat benda ini. Dari berbagai jenis dan ukuran. Dari yang model lama sampai yang masih terbuang beberapa hari. Kemungkinan berasal dari orang yang mencuci di sungai kemudian tanpa sadar hilang terbawa arus. Sebelum viral pelajar SMA main IG Live lepas BH saya sudah sering mancing nyangkut benda ini. 

3. Spanduk
Spanduk Jagir 
Tarikannya tenang tapi beratnya sampai joran melengkung tajam. Spanduk besar pernah saya daratkan saat memancing casting dengan menggunakan umpan ikan mainan. Memang orang-orang hari ini membuang apa saja di sungai tanpa mempertimbangkan keadaan dan dampak lingkungan. Spanduk sebesar gaban yang menyusahkan pemancing. 

4. Kerudung 

Kerudung Jagir 
Omset paling beriman yang pernah saya dapatkan di sekitaran sungai Jagir. Sebuah kerudung. Terjebak di dasar tepian ketika saya sedang casting cukil. Umpan mainan yang seharga di atas 20 ribu jika sampai nyajen sangat disayangkan. Oleh karena itu tetap diupayakan kembali walaupun membawa sesuatu termasuk sebuah kerudung. 

5. Gombal 
Gombal Mukiyo Jagir 
Kain yang sudah menetap di dasar sungai dalam waktu cukup lama akan bercampur dan terendam lumpur. Jika nyangkit mata kail akan menjadi tarikan berat yang bombastis. Saya pernah memancing mendapatkan satu buah kain lengkap beserta lumpurnya. Sensasinya sangat menyenangan seperti menarik ikan babon yang sedang tablo. 

6. Ular 
Bukan termasuk Omset 
Beruntung sejak kecil saya tidak mempunyai ketakutan pada hewan atau tumbuhan tertentu. Walau kagetan jika menatap obyek itu lebih dari satu menit keberanian menjadi terkumpul. Suatu siang di spot benteng takeshi pancing saya pernah nyangkut seekor ular. Untung tidak telak dalam di mata kail jadi masih bisa terlepas.  

7. Sarung
Sarung Benteng Takeshi 
Lain kerudung lain sarung. Ini tangkapan tersegar saya di spot benteng takeshi. Sebuah sarung dengan kondisi yang masih relatif bagus. Motif kotak-kotak yang masih layak pakai. Seharusnya bisa dibawah pulang di cuci ulang dan dapat disumbangkan pada yang membutuhkan. Karena terlalu parno duluan jangan-jangan sarung korban orang tenggelam atau pembunuhan akhirnya sarung saya taruh begitu saja di pinggiran sungai. Esok harinya begitu kembali ke spot sarung sudah tidak ada. 

8. Kaos 
Koas Jagir 
Mungkin punya orang mandi yang jatuh, jemuran yang terkena angin atau orang kampanye yang kecewa dengan dinamika politik sehingga membuang sarungnya begitu saja. 

9. Rangkaian Pancing 
Mancing Ombyok dapat Ombyok 

Itulah pengalaman menarik saya selama memancing liar di Kota Surabaya khususnya Spot Kali Jagir dan Rolak Gunungsari. Omset mancing non ikan menjadi indikator bagaimana keadaan sungai kita hari ini. Tidak hanya berisi ikan tapi sampah. Setiap hari datang berbondong-bondong yang dapat membahayakan kelangsungan lingkungan. Semoga kita selalu menjaga kebersihan dan kelestarian sungai, tidak membuang sampah sembarangan. []


Post a Comment

0 Comments