Spot Mancing Demit Pelem Gunungsari Surabaya

Satu lagi spot mancing area Gunungsari (gusar) yang menjadi titik penghasil babon rengkik. Tidak jauh dari spot parkiran pondok dahar spot ini berada di timur tepat setelah ada pipa besar. Dulu harus berjuang loncat pagar, sekarang dibuka khusus untuk pemancing. Spot ini masih area cafe rolag gusar. Pada malam tertentu sangat ramai. Tidak sedikit pengunjung yang dapat menghampiri pemancing seperti di spot pondok dahar. Resiko memancing di tempat umum kita harus siap jadi juru bicara dengan pertanyaan. “Sudah dapat Mas?” “Ada ikannya memang?” “Pakai umpan apa Mas” dan lain-lain. 

Begal Rengkik
Spot ini agak bising karena suasana kafe di belakang. Tapi tenang ikan masih haup jika sedang musim dan kita beruntung. Dibawah naungan pohon mangga besar kita bisa menikmati memancing menghadap ke utara. Ada besi pembatas yang bisa digunakan untuk sandaran joran pemancing. Urusan lempar harus lihat ke atas dan belakang karena rimbun. 




Sektor Selatan
Anehnya di spot demit pelem ini meskipun dekat dengan pondok dahar tapi rata-rata para pemancing senior Gusar lebih banyak mendapat ikan target: rengkik babon. Faktor keberuntungan, teknis, umpan dan alam. Jika melihat kondisi air di sekitaran adalah berupa pusaran air kecil tempat ikan lebih senang joging berengan. 
Spot Mangga Dua


Karena tempat terbatas jika datang ke spot ini harus lebih awal. Pemancing rengkik mirip pemancing belanak di Kulonprogo. Satu orang bisa membawa lebih dari dua piranti. Umpan yang biasa digunakan untuk mbegal rengkik adalah maras, usus, telur sakarmut dan hati ayam. Saya pernah menggunakan umpan kucur beli khusus dari Jawa Barat. Tidak efektif sampai sisa toples terakhir. Itulah beda daerah beda umpan khas untuk ikannya. Sama seperti pemancing di Kalimir Jagir yang menggunakan umpan tempe goreng untuk target ikan bader. 


Plastik Pengaman

Jika memancing di sini paling enak di atas jam 9 malam atau setelah turun hujan malam. Dijamin ikannya lebih haup. Jangan lupa membaca lotion anti nyamuk kecuali anda yang berkulit badak. Soal makanan jika lapar kita bisa makan di resto atau nongkrong di kafe belakang spot. 


Sore yang ramai 
L
Sak Sikil 

Post a Comment

0 Comments