Pemancing Casting Pemula (Korban Postingan Grup)

Grup memancing menjadi sarana para pemancing untuk berbagi. Tempat sharing ilmu, pengalaman dan 'pendapatan' hasil mancing. Anggota grup berasal dari berbagai kalangan dari pemancing sampai yang masih belajar mancing. Tidak heran jika ada yang tergoda dengan postingan kawan sekomunitas. Lalu ikut-ikutan dari teknik sampai piranti. Berharap dapat ikan dan pengalaman memancing seperti teman yang lain. 
Newbie (Gambar  karya Roikan)

Pada aliran pemancing penggoda ikan predator dengan umpan palsu (castinger) ada juga yang tertarik tiba-tiba setelah melihat postingan di grup mancing. Saya sendiri tertarik menekuni casting setelah mendapat peristiwa mendebarkan. Iseng lempar gulung menggunakan piranti memancing ikan baung dengan umpan ikan palsu. Tidak disangka di senja sendirian sekitaran Gombal Island itu umpan saya ditarik ikan sedemikian keras sampai sweevel pecah. Kaget dengan hal itu dan rasa penasaran tinggi akhirnya memutuskan untuk menekuni aliran casting. Bermodal peralatan sekond dari orang Darjo, Joran Kyoto Jungle Stick dan Reel BC Kenzi Maruti akhirnya menekuni casting hingga kini. 

Bagaimana awal menggunakan piranti BC casting? Sebagai seorang newbie seperti pada gambar di atas. Tentu gelisah karena kenyataan tidak sesuai dengan impian. Berharap bisa lancar menggunakan piranti BC seperti di acara mancing atau kanal vlogger pemancing. Eh ternyata gagal maning-gagal maning. Tali PE yang mbulet, kusut hingga pemotongan paksa. Lemparan yang tidak akurat. Moncel karena tali putus akibat terlalu antusias melempar, lupa lihat bagian belakang hingga umpan nyantol di daun pisang. Yang paling tragis, sudah bisa lempar sempurna tapi belum bisa menangkap ikan dengan sempurna karena kurang perhitungan. Terburu-buru hentak keras tanpa memastikan hook menancap dengan sempurna. 

Itulah suka duka menjadi castinger newbie. Namanya juga tahap belajar. Perlu proses panjang dan semuanya harus dilewati tanpa perlu minder karena suka mbulet. Tidak perlu gengsi masalah piranti. Memancing itu kesukaan bukan pameran barang. Rajin nabung dan mencari info piranti bekas yang dijual siapa tahu kita berjodoh dengan peralatan mancing yang mahal tapi jatuh dengan harga yang bersahabat. Salam Joran Melungker. 

Post a Comment

0 Comments