Sensasi Strike Ikan Nilem/Bayeman Kali Surabaya

Popeye tokoh kartun yang suka bayam
Sungai Surabaya ada ikan namanya Iwak Bayeman

Iwak Bayeman Strike Muser-Muser
Iwak Bayeman atay Ikan nilem bernama ilmiah Osteochillus Vittatus. Ikan serupa bader tapi berwarna hijau dengan daging yang lebih kenyal ini memberikan sensasi strike. Jika ikan sekeluarganya saat makan umpan hanya menarik ke bawah dan pelampung tul-tul slup. Ikan nilem tidak hanya menarik ke bawah tapi berputar-putar. Sensasi tul tul slup nyuer nyuer. 

Pejuang Lauk Kali Darmo 

Ikan ini pertama kali saya lihat di daerah Kali Serang Jogja saat masih tinggal di West Prog (baca: Kulon Progo). Kok ada bader tapi panjang dan berwarna hijau. Itu pertanyaan dalam hati saat melihat pemancing sebelah mendapat ikan nilem ukuran sedang. Menggunakan kail kecil dan umpan lumut halus. Pertama kali dapat ikan ini saat mancing malam menggunakan ombyok batok dengan umpan tempe bosok di kalimir pada 2016. Perjumpaan secara tidak sengaja. Atas ajakan Lek Siged yang sebelumnya panen ikan nilem akhirnya ada kesempatan mancing di suatu sabtu yang luang. Perasaan sejak pandemi saya banyak mempunyai waktu luang. Anda juga? 

Terselamatkan oleh Lek Siged dan Mas Ngindomaret
Tips asyik mancing Ikan Bayeman
  1. Jenis ikan lumayan rakus dan suka bergerombol pastikan setia melempar pada satu titik. Bisa pada pertemuan air maupun dekat tiang. Pastikan memantau dengan cermat spot sebelum uncal. 
  2. Umpan paling jitu jenis herbal yaitu lumut. Ulat kandang juga doyan. Tempe bosok juga mau. Ikan ini pemakan apapun asal dekat tempat berenangnya dijamin haup.
  3. Kail yang digunakan ukuran no.1 kebawah. Lebih keren lagi menggunakan teknik microfishing. Alat minimalis sensasi maksimalis. Bisa juga menggunakan teknik gomyok asal kail yang digunakan berukuran kecil. 
  4. Waktu memancing yang paling haup adalah pagi dan sore. Siang hari juga bisa tapi tidak segalak masuk waktu sore hari. Jika memancing malam usahakan umpan agak berbau seperti tempe bosok. 
  5. Pastikan anda sigap ketika umpan mulai dimakan. Saat pelampung mulai bergerak. Cermati lalu tarik dengan maksimal agar mata kail menancap dengan maksimal. Ketika pelampung mulai masuk ke dalam air dan pada putaran kedua langsung tarik. Jangan keras-keras tapi juga tidak terlalu lembut. Mulut ikan yang tidak selebar bader rawan lepas ketika mau mendarat. Selamat memancing, mumpung kemarau gunakan waktu dengan sangat hore memancing bayeman, Ambil secukupnya dan salam joran mentiung. 


Bonus Track: 
Nilem kejar wader

Post a Comment

0 Comments