Kenduren Kali Jagir

Cosmology 
Religious worldview of a people, including beliefs about the origin of the world, the pantheon of deities that exist, and their relationships to the spirit realm.

Larung tumpengnya dan lepas ikan kecilnya. Demi kesejahteraan bersama antara manusia dengan alam. 5 Desember 2016 pagi saya memancing di spot kali Jagir. Spot yang menjadi favorit untuk memancing ikan bader, cukil sampai rengkik. Ada pemandangan tidak biasa, pada bantaran sungai ada tenda. Sedang diadakan festival stren kali merangkap selamatan. 


Festival Kali Jagir 

Alam dan manusia saling menjaga harmoni. Ritus larung sungai sebagai bentuk slamatan sekaligus syukuran atas karunia Ilahi dalam bentuk alam dan kekayaannya. Slametan merupakan bagian dari kebudayaan dalam bentuk perilaku komunal. Culture is integrated yang bersimbol. Dalam slametan kali Jagir ada tumpeng yang dilarung setelah didoakan dan ada kegiatan tebar benih. Semua punya tatanan demi keharmonisan manusia dan alam. Kekuatan alam tidak selalu membawa kebaikan, ada kekuatan yanh mendatangkan keburukan. Dapat dinetralisir dengan perilaku kelompok salah satunya dengan selamatan. 

Post a Comment

0 Comments