Tips Asyik Memancing di Perahu (Kartun Mancing #2)

Asyiknya memancing di atas perahu..
Memancing di atas perahu atau kapal sensasinya lebih dinamis dari pada duduk di tepian. Ada sensasi gerak tak terduga. Kadang kasihan melihat kawan sesama pemancing yang mabuk laut. Muntah selama perjalanan. Segala isi perut: nasi, air, gorengan, lauk, lodeh dan kopi semburat jadi satu luapan. Biasanya terjadi pada pemancing perdana atau tidak biasa memancing di atas kapal. Biasanya ketika sedang berangkat menuju titik spot. 
bisa bertemu kapal aneh 
Jika anda memang mabuk laut. Bukan pemabuk di tengah laut loh. Maka buang jauh-jauh keinginan untuk memancing di tengah laut. Ombak yang berderu dan riak kecil bisa menjadi biang muntah. Keuntungan memancing di atas kapal atau perahu adalah tingkat efisien dan fleksibilitas. Efisien karena tidak pakai lempar joran dan kail jauh-jauh. Cukup dicelupkan di sekitar perahu. Tunggu sampai strike. Kecuali berniat memancing ikan predator lepas laut semacam tuna dan marlin. Perahu harus senantiasa bergerak. 

Memancing di atas perahu juga fleksibel. Bisa berpindah tempat spot yang dirasa banyak ikan tanpa perlu blusukan. Tinggal pindah sekehendak hati. Tentunya mancing di atas perahu juga ada resiko dari kebocoran, perahu terbalik sampai mesin mogok. Oleh karena itu berikut ini tips asyik memancing di atas perahu: 

  1. Pastikan kondisi perahu atau kapal fit. Tanya secara detail pada kapten atau pemilik kapal. Detail bagian perahu sampai kesiapan armada. Pastikan tidak ada kebocoran dan rencana penyelamatan sigap jika sampai terjadi sesuatu. Gunakan jurus rokok sebungkus agar pemilik perahu lebih kooperatif dan enak diajak ke tengah. 
  2. Syarat mutlak memancing non pinggiran adalah bisa berenang. Jangan lupa siapkan alat keselamatan berupa jaket keselamatan. Jago renang pun bukan jaminan jika perahu terbalik di tengah laut. Pastikan ada jerigen kosong ukuran besar di perahu. Itu alternatif pelampung. 
  3. Bawa bekal dan pastikan ada asupan energi sebelum anda berangkat. Tubuh tidak fit rawan merepotkan teman selama memancing. 
  4. Untuk mencegah mabuk laut. Pakai metode minum obat anti mabuk laut ada Antimo, Travacalm, Dramamine dan Novomin. Tinggal pilih mana yang cocok. Jangan keliru minum amer atau abidin atau botol gepeng malah nanti jadi pemabuk di tengah laut. 
  5. Metode pernapasan ketika kapal mulai membelah ombak. Ketika kapal bergerak ke atas tarik dan tahan napas setelah itu hembuskan perlahan begitu kapal terhempas ke bawah. Konsentrasi dan sesekali melihat ke daratan di belakang. 
  6. Metode sumbat udel juga bisa mencegah mabuk laut. Caranya gunakan minyak kayu putih oleskan pada pusar. Tutup secepatnya pusar dengan plester atau lackban. Jangan keliru nutup pusar dengan koyo cabe, akibatnya bisa berabeh. 
  7. Pastikan cuaca baik dan tidak kemalaman  kecuali memang trip mancing malam. Memancing di air tawar menggunakan perahu paling enak sepanjang ada matahari. Kalau sudah menjelang malam sudah creepy apalagi melewati rawa-rawa bisa bertemu Swamp Thing jika kemalaman. Mau? []

Post a Comment

0 Comments