Aneka Aroma Umpan Ikan: Laboratorium Essen Mustang Pancing Kalirungkut Surabaya

Rahasia memancing sering mendapat sambaran ikan salah satunya dipengaruhi oleh umpan yang kita pasang. Memancing ikan di spot sungai atau muara liar hampir semua ikan bisa menerima umpan konvensional seperti cacing, ulat, jangkrik atau ikan kecil. Berbeda dengan mancing aliran kolam atau para atlet pemancing lele galatama. Penggunaan racikan umpan paling sip menjadi penentu omset ikan yang didapat. Salah satu kreatifitas olah umpan yang kerap dilakukan oleh pemancing adalah penggunaan essen. 
Mustang Pancing Kalirungkut dan Laboratioum Essen

Manusia mengenal micin, ikan mengenal essen. Keduanya sama sebagai penyedap rasa pada makanan. Essen berfungsi sebagai penguat aroma agar ikan cepat menyambar umpan yang kita sajikan. Penyiapan essen dapat dilakukan dengan mandiri atau beli langsung jadi. Umunya essen terdiri dari aroma wangi, aroma anyir, aroma gurih, aroma kombinasi dan aroma netral. Essen racik sendiri dapat dibuat seperti pada pemancing wader di Malang yang memanfaatkan ekstraksi daun walang sangit yang dipercaya dapat mendatangkan ikan wader dari berbagai penjuru spot. Ada pula essen botol siap pakai yang bisa diperoleh di toko pancing terkemuka di kota anda. Tentu saja ada trik penyampuran hingga menghasilkan ramuan super sakti. Kadang ada beberapa pemancing aliran kolam/lomba galatama yang merahasiakan ramuan umpannya, namun tidak sedikit yang secara blak-blakan memberi tahu rahasia ramuan umpan berikut essen plus takarannya kepada khalayak umum. 

Mengingat penggunaan essen sebagai penguat bau umpan dan tidak ingin mengulang tragedi usus ayam di spot demit pelem Rolak, saya coba bereksperimen dengan essen. 17 Januari 2018 saya mencoba eksperimen menggunakan essen untuk penguat aroma target rengkik di spot kolam kebanggaan wong Gunungsari. Setelah menyiapkan usus matang yang sudah tersimpan dalam freezer selama berhari-hari, dari Rungkut saya mampir ke Toko Pancing Mustang. Toko pancing ini terletak di jalan Kalirungkut dekat pabrik biskuit yang menjadi ikon jajan lebaran. Walau terkesan sederhana untuk masalah essen toko ini bisa menjadi andalan. Ada beragam essen di jual di sini berikut jasa peracikan yang dilakukan langsung di 'laboratorium' toko. Saya mencoba essen tengiri setelah konsultasi dengan pemilik toko bahwa target tangkapan rengkik (Hemibagrus Nemurus). Umpan ini bisa diteteskan pada usus yang telah terpasang dalam kail. Setelah mengantongi sebotol kecil essen, saya meluncur menuju spot rolak tepat di bawah pohon mangga yang dikenal sebagai spot demit pelem. Mencoba menetesi essen di atas usus sampai merata. Setelah beberapa kali lemparan, ada beberapa sambaran kecil tapi tidak bisa mendapatkan sambaran ikan rengkik. Diulang beberapa kali dengan hasil yang sama, akhirnya terdapat hikmah bahwa tidak selamanya umpan aliran kolam/lomba bisa diterapkan ke spot sungai liar. Sing penting yakin oleh ambu-ambuan.. 


Post a Comment

0 Comments