Kutuk Hunter Old School (Pemancing Ikan Gabus Sejati)

"Sak durunge ono acara mancing nang tv aku wis nggolek kutuk babon umpan kodok asli
(sebelum ada acara memancing di televisi, saya sudah mencari ikan gabus besar dengan umpan katak hidup)

Celoteh salah satu warga pada suatu sore di area perbatasan Surabaya - Sidoarjo. Seorang warga lokal yang sudah merasakan bagaimana asam garam kehidupan memancing ikan gabus lintas musim lintas generasi. Bagi dia memancing adalah untuk mencari nafkah. Bukan sekadar hobi tapi mata pencaharian. Tidak sekadar kesenangan, strike ikan adalah perwujudan uang belanja dan uang jajan untuk anak-anaknya.  Mereka adalah saksi sejarah bagaimana ikan gabus yang dianggap ikan biasa dengan harga sekilo 25 ribu hingga melonjak menjadi 60 ribu sejak ada tren pemakaian minyak albumin untuk orang yang habis operasi. 

Memancing Demi Nafkah Keluarga 


Tipe pemancing gabus dengan umpan hidup dapat kita jumpai ketika kita ngetrip mancing di spot yang terkenal banyak gabusnya. Dari kompleks pertambakan pinggiran kota sampai menuju arah muara. Umpan yang dipakai sangat alami karena menggunakan kodok atau cicak hidup. Favorit ikan gabus liar. Saya pernah merasakan bagaimana agresifnya ikan berkepala mirip ular ini ketika menemui katak asli. Satu tambak beda sisi, saya menggunakan Soft Frog sudah lempar tarik berkali-kali tak membuahkan hasil. Sementara di sisi lain ada bapak-bapak dengan sangat santai bersembunyi dari balik rerumputan menarik piranti pancingnya perlahan. Alat pancingnya sangat sederhana. Tanpa ribut dan gengsi pada acuan merk tertentu. 

Menggunakan sepatu boot agar terhindar dari ular dan gatal-gatal. Ciri khas pemancing yang rela mbrasak-mbarak pematang sampai membelah rerumputan setinggi orang dewasa. Tempat para biawak bersarang. Pemancing model ini mempunyai standar keboncosan tersendiri. Dapat kurang dari lima ekor dengan ukuran menengah masih dikatakan boncos. Ngomset banyak jika sudah memenuhi wadah ikannya yang terbuat dari modifikasi karung. Tidak pakai waring yang hanya cukup menampung kurang dari 10 ekor ikan gabus imut. Ini wadah khusus untuk banyak ikan ukuran babon pun bukan masalah. []

Post a Comment

0 Comments